Cara install virtual box

whatsapp mod terbaru 2021

Image
                                                   WHATSAPP MOD PRO TERBARU 2021 dwonload disini Fitur-Fitur WHATSAPP MOD 👉 Bisa Pulihkan Chat/Restore   👉 Ribuan Teman Keren Gratis   👉 Kirim Stiker   👉 Kirim Gambar   👉 Bahasa Indonesia   👉 Dowload Foto/Video Langsung   👉 Sembunyikan Lihat Status   👉 Bekukan Terakhir dilihat   👉 Status Anti Penghapusan   👉 Free Unduh Tema   👉 Bekukan terakhir dilihat   👉 Pesan Anti Hapus   👉 Sembunyikan Centang Biru

Hri ke tiga Di BLC TELKOM KLATEN

ZA.PENDAHULUAN

 Assalamualaikum wr.wb

      Hai...teman!Apa kabar? bertemu lagi dengan blog saya. Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya pada hari ke Tiga di BLC TELKOM KLATEN. Pada hari ke tiga saya meneruskan membaca tentang "pengenalan operasi sistem linux"  saya akan melanjutkan tentang materi yang telah saya pelajari. dan materi yang di berikan oleh  Mas  MICHAEL TAKEUCHI  tentang "Osi  Layer dan Security". Mari lanjut saja membacanya ya!!!

B.PENGERTIAN 
  
 Materi 1 pengenalan operasi sistem linux

  APA ITU OPEN SOURCES?
       Open Source Software (OSS) merupakan istilah yang digunakan untuk software komputer yang   membuka/membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain   mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahankelemahan yang ada   pada software tersebut.  ? Tiap orang dapat melihat, mengubah, atau memodifikasi kodenya, dan   mendistribusikannya lagi.

*Berbeda dengan software komersial yang dikembangkan vendor tertentu dan untuk                menggunakannya kita harus membayar lisensinya. Salah satu keunggulannya adalah bahwa Open source software dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensinya.

*CLOSED SOURCE
 - souerce program hanya dimiliki pembuatnya (terkait)
 - pengguna hanya dapat menggunakan jika membeli lisensi (mendapat izin)
 - cara kerjanya tertutup
contoh : Windows, MS Office, Photoshop, CorelDraw

* FOSS (Free Open Source Software) yaitu:
program apk tidak perlu biaya izin (free=bebas)
kode sumbernya tidak dirahasiakan (open= tersedia)
sehingga cara kejanya dapat dipelajari,dikembangkan,dan disebarluaskan

* PERBANDINGAN FOS DAN PCS
  # Kelebihan WINDOWS anatra lain:
- Pengguna bisa menjalankan lebih dari satu program aplikasi secara bersamaan
- pengguna bisa membuka lebih dari satu file dalam waktu bersamaan
- bisa berbagi data dengan pengguna lain dengan mudah
- banyak aplikasi kompatible dengan windows
- mudah dijalankan oleh orang awam
- banyak didukung oleh vendor hardware dan software
- digunakan oleh bmayoritas pengguna komputer di dunia
  # KELEMAHAN WINDOWS antara lain:
- Menyebabkan ketergantungan penggunaan pada produk Microsoft
- Ruang harddisk yang dibutuhkan cukup besar
- Sistem security/keamanan yang lemah dan mudah dijebol oleh hacker
- Membutuhkan memori fisik yang cukup besar
- membutuhkan processor yang cukup
- harga lisensi mahal

  @ KELEBIHAN LINUX antara lain:
> lisensi gratis, bahkan bisa didwonload di internet dengan mudah
> linux bisa berinteraksi dengan SO lain
> mempunyai virtual memori, skalabilitas dan stabil
> linux didukung oleh ribuan programer di dunia
> paket linux merupakan satu kesatuan
> Linux mulai didukung oleh vendor hardware maupun software di dunia meskipun masih kalah dengan Windows.
  @ KELEMAHAN LINUX antara lain:
> sistem operasi yang sulit untuk di pelajarai terutama untuk orang yang tidak
  mempunyai dasar komputer yang kuat
> Aplikasi yang tersedia belum sebanyak windows
> SO yang tidak sepenuhnya berbasis GUI(Graphicial User Interface)


MATERI 2. Osi  Layer dan SecurityOSI(Open System Interconnection) yang dikeluarkan oleh ISO dibagi menjadi 7 layer. 7 Layer OSI ini harus digunakan oleh vendor-vendor dalam memproduksi perangkat komputer, laptop dsb. Untuk lebih jelasnya apa saja 7 OSI layer yang dikeluarkan ISO, berikut ini daftarnya :

7th - Layer : Aplication Service
6th - Layer : Presentative Service
5th - Layer : Session Communications
4th - Layer : Transport Communications
3th - Layer : Network Communications
2nd - Layer : Data-Link Physical connections
1st - Layer : Physical connections



Pengertian Model OSI Layer

Untuk lebih jelasnya mengenai ketujuh lapis OSI ini, maka pahami dulu apa model OSI itu? Model OSI layer adalah suatu model desain jaringan yang dirancang oleh ISO (internasional organization for standardization) yang berlokasi di eropa tahun 1977. OSI (open system interconnection) disebut sebagai model "Tujuh lapis OSI" yang digunakan sebagai dasar dalam membuat protocol jaringan yang berbeda agar bisa berkomunikasi.

Fungsi OSI Layer dalam Jaringan Komputer

Fungsi OSI layer adalah mengupayakan membuat sistem jaringan komputer yang menunjang interoperatibilitas antar pemasok yang berbeda sehingga memudahkan perangkat dari vendor yang berbeda bisa berkomunikasi.

Fungsi 7 OSI Layer
Hasil gambar untuk osi layer


Lapisan ke-7 Application Layer


Application layer memiliki fungsi sebagai antarmuka aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, jadi fungsinya lebih kepada mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan serta membuat message problemnya. Protokol yang berada pada lapisan ini yakni HTTP, FTP, SMTP serta NFS.


Lapisan ke-6 Presentation Layer

Presentation layer berguna untuk mentranslasi data yang akan ditransmisikan aplikasi ke dalam format yang sesuai dengan transmisi data jaringan. Protokol yang ada pada lapisan ini yakni software redirektor, workstation, network shell, serta remote desktop protocol.


Lapisan ke-5 Session Layer

Session Layer memiliki fungsi mendefinisikan sebuah koneksi terbuat, dijaga atau dihapuskan. Pada layer ini terjadi resolusi nama.
Lapisan ke-4 Transport Layer

Transport layer memiliki fungsi memecah data menjadi sebuah paket data dan memberikan penomoran secara urut sehingga dapat dengan mudah tersusun di tempat tujuan pada waktu diterima. Pada lapisan layer ini terjadi notifikasi bahwa paket telah sukses diterima, dan jika ada paket data yang hilang ditengah jalan, maka secara otomatis akan ditransmisikan ulang.

Lapisan ke-3 Network Layer
Network layer memiliki fungsi untuk mendefinisikan alamat Ip, lalu membuat header tiap paket data, dan melakukan routing dengan internetworking menggunakan router dan switch layer 3.

Lapisan ke-2 Data-link Layer

Data-link layer memiliki fungsi mengelompokkan bit-bit data menjadi sebuat frame. Di dalam lapisan ini juga terjadi aktifitas mengkoreksi kesalahan, flow control, pengalamatan hardware, dan menentukan jalannya perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater dan switch layer 2 berjalan. 


Lapisan ke-1 Physical Layer

Physical layer ini memiliki fungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan, topologi jaringan dan pengabelan. Hal lain yang terjadi pada layer 1 yakni mendefinisikan network interface card (NIC) agar bisa berinteraksi dengan media kabel atau radio.

Dari ulasan informasi tentang pengertian OSI layer dan fungsi OSI layer di atas, anda bisa menambah wawasan mengenai seberapa pentingnya pengidentifikasian antar vendor yang berbeda supaya bisa terkoneksi antar vendor satu dengan yang lainnya.


HACKING SECURITY 
Pengertian dan Konsep dari Network Security
Keamanan jaringan (network security) terdiri dari kebijakan dan praktik untuk mencegah dan memantau akses yang tidak sah, penyalahgunaan, maupun penolakan yang terjadi di jaringan komputer.

Network security melibatkan otorisasi akses ke data di dalam jaringan, yang dikendalikan oleh administrator jaringan. Pengguna (users) memilih atau diberi ID dan password atau informasi otentikasi lain yang memungkinkan mereka untuk mengakses informasi dan program dalam wewenang mereka sendiri.

Network security mencakup berbagai jaringan komputer, baik publik maupun pribadi, yang digunakan dalam pekerjaan sehari-hari; melakukan transaksi dan komunikasi di antara bisnis, instansi pemerintah dan individu. Jaringan tersebut dapat bersifat pribadi, seperti di dalam perusahaan, dan lainnya yang mungkin terbuka bagi akses publik.

Network security terlibat dalam organisasi, perusahaan, dan jenis lembaga lainnya. Seperti bagaimana mengamankan jaringan, serta melindungi dan mengawasi operasi yang dilakukan. Dimana cara paling umum dan sederhana untuk melindungi sumber daya jaringan (network resource) adalah dengan menetapkan nama yang unik dan password yang sesuai.

Konsep Network SecurityDalam menjaga kemanan jaringan, diterapkan konsep atau hukum dasar yang biasa disebut dengan CIA yang merupakan; Confidentiality (kerahasiaan), Integrity (integritas), dan Availability (ketersediaan).

Confidentiality adalah seperangkat aturan yang membatasi akses ke informasi. Integrity adalah jaminan bahwa informasi itu dapat dipercaya dan akurat, serta Availability yang merupakan konsep dimana informasi tersebut selalu tersedia ketika dibutuhkan oleh orang-orang yang memiliki akses atau wewenang.
1. Confidentiality (kerahasiaan)Kerahasiaan setara dengan privasi. Kerahasiaan dirancang untuk mencegah informasi sensitif dan memastikan bahwa orang yang mempunyai akses adalah orang yang tepat. Terkadang menjaga kerahasiaan data dapat melibatkan pelatihan khusus bagi mereka yang mengetahui dokumen tersebut.
2. Integrity (integritas)Integritas melibatkan menjaga konsistensi, akurasi, dan kepercayaan data. Data tidak boleh diubah, dan langkah-langkah harus diambil untuk memastikan bahwa data tidak dapat diubah oleh orang-orang yang tidak berkepentingan.
3. Availability (ketersediaan)Ketersediaan (availability) adalah konsep terbaik yang dapat dipastikan dalam memelihara semua hardware, melakukan perbaikan terhadap hardware sesegera mungkin saat diperlukan. Selain itu juga dapat memelihara lingkungan sistem operasi.

Dengan konsep yang ada di dalam availability, informasi dapat selalu tersedia ketika dibutuhkan oleh orang-orang yang memiliki akses atau wewenang. Hingga ketika user membutuhkan informasi tersebut, informasi dapat diakses dan digunakan dengan cepat.

C. LATAR BELAKANG 

latar belakang penulisan halaman ini adalah setelah kita pulang dari prakerin kita siswa SMK N 1 BAGOR ditugaskan untuk mempresentasikan hasil prakerin kami dan untuk bukti atau pengganti jurnal kegiatan prakerin

D. MAKSUD DAN TUJUAN
  1. Berbagi pengalaman prakerin
  2. membagikan ilmu yang kita dapat semasa prakerin

E. ALAT DAN TUJUAN 
  1. laptop
  2. Materi yang dipresentasikan 
  3. manfaat yang kita dapatkan
   
F. HASIL YANG DIDAPAT

  Hasil yang didapat dari sharing kali ini adalah dapat membagikan pengalaman prakerin   yang kita dapat serta ilmu yang kita dapat

G. PENUTUP
      Sekian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat....!!!


Comments

Popular posts from this blog

Cara install wpscan di kali linux

Cara aktivasi windows 10 KMS Auto Lite

Arus Listrik : Pengertian, Hambatan, Dan Rumus .